Home > Uncategorized > Kerjasama Usaha

Kerjasama Usaha

Apakah anda sedang menjalankan bsinis kecil anda? Jika iya, bagaimana perkembangan bisnis anda seklarang ini? Jika bisnis anda belum terlalu berkembang pesat, maka anda harus memahami bahwa anda harus melakukan banyak improvisasi yang bisa membuat usaha anda dikenal oleh banyak kalangan serta bisa tersebar di tempat yang anda inginkan. Jadi poin yang akan kita bahas lebih jauh disini adalah mengenai kerjasama usaha.

Kerjasama usaha merupakan hal yang sangayt berguna bagi perkembangan bisnis anda. Kerja sama usaha sebenarnya membawa beberapa manfaat, salah satunya adalah untuk mengembangkan modal usaha yang akan berguna bagi kelangsungan dan perkembangan perusahaan anda.

Selain itu, kerjasama usaha sebenarnya dibagi menjadi dua hal, yaitu kerjasama aktif dan kerja sama pasif. Dua bentuk kerja sama ini tetap memberikan keuntungan bagi para pemiliknya. Jika anda memilih untuk mengadakan kerja sama pasif, maka penanam modal tidak akan turut serta dalam aktifitas perusahaan. Namun jika anda memilih mengadakan kerja sama aktif, maka penanam modal bisa turut aktif dalam aktifitas perusahaan. Jadi dari ulasan ini, seharusnya para enterpreneur atau wirausahawan baru harus mulai melebarkan sayapnya untuk mencari kolega yang kompatibel untuk mendukung segala aktifitas perusahaan. Anda bisa mencari tips lain dengan mengikuti training bisnis untuk memperdalam kemampuan anda untuk melakukan kerja sama dengan pihak lain.

&

Peluang Kerjasama Usaha

Seperti yang kita tahu, menjadi pegawai tidaklah begitu menyenangkan. Menjadi pegawai adalah suatu pekerjaan yang terikat yang membuat kita tidak akan tumbuh berkembang menjadi pribadi yang mandiri. Jika kita ingin menjadi pribadi yang mandiri, kita harus menyadari bahwa kita perlu berdiri sendiri. Bagaimana caranya? Jadi, salah satu cara untuk menjadi mandiri adalah dengan mendirikan usaha kita sendiri. Dengan kata lain, kita bisa menjadi wirausahawan. Dengan menjadi wirausahawan, kita pasti menyadari bahwa cukup menyenangkan menjadi seorang wirausahawan mengingat kita tidak perlu terikat oleh peraturan. Jika anda sudah memiliki usaha anda yang baru, maka ada beberapa hal yang harus anda lakukan untuk membuatnya tumbuh dan berkembang pesat, yaitu mencari peluang kerjasama usaha.

Peluang kerjasama usaha yang bisa anda dapatkan adalah dengan mencari partner kerja. Partner kerja tidak hanya akan membantu anda dalam proses produksi, namun mereka juga bisa membantu anda dalam perkara modal. Jadi, jika anda memiliki teman yang mempunyai banyak uang, anda bisa mengajak mereka untuk menanamkan modalnya pada usaha anda.

Peluang kerjasama usaha seperti ini biasanya banyak diminati oleh para pemilik modal jadi pemilik usaha akan membagi laba sesuai dengan saham yang ditanam. Peluang kerjasama usaha juga bisa dikembangkan dalam bentuk waralaba jika usaha anda merupakan usaha yang memiliki prospek produk yang lumayan di pasaran. Daftarkan usaha anda untuk mematenkannya sehingga bentuk waralaba bisa dibentuk.

&

Kerjasama Usaha Kecil

Memulai usaha sendiri memang menantang karena hal ini amat terkait dengan banyak hal, mulai dari mencari modal sampai ke perekrutan karyawan. Namun selalu ada jalan keluar bila ada usaha keras. Khusus untuk usaha dengan skala kecil yang tidak memerlukan modal besar, hal yang diurusi tentu lebih sedikit meskipun juga tak mudah. Salah satu yang diperlukan untuk memulai usaha kecil yaitu mencari relasi atau rekanan bisnis.Kerjasama usaha kecil bisa berupa antara pebisnis dan penyedia barang, pebisnis dan calon pembeli atau sesama pelaku bisnis.

Salah satu yang diperlukan untuk mejalin kerjasama usaha kecil yang baik adalah dengan menjalin komunikasi yang elegan. Ya, seseorang semestinya bisa menarik perhatian pihak yang akan diajak kerja sama dengan komunikasi yang baik. Sebagai contoh, seorang pebisnis perlu membina kerjasama usaha kecil dengan benar antar sesama pengusaha yang tujuannya adalah untuk berbagi informasi. Komunikasi memang tak bisa dipandang remeh apalagi itu berhubungan dengan dunia usaha. Berkenaan dengan hal ini, pelaku usaha wajib memilki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik terhadap siapapun yang terkait dengan bisnis yang sedang dijalankan.

Kerjasama usaha kecil selain membutuhkan kemampuan komunikasi untuk bisa sukses juga memerlukan keahlian dalam melakukan penawaran. Apapun bentuk usahanya, penawaran atau bahasa kerennya bargaining power amat diperlukan. Tentu yang dibutuhkan dalam melakukan penawaran  salah satunya adalah menarik perhatian dengan memberi informasi tentang kelebihan yang ada dalam sebuah usaha.

 

Categories: Uncategorized Tags:
October 11th, 2010 Leave a comment Go to comments